mengenal komponen komputer dan fungsinya sambil ngopi

Anda tahu CPU?




Komponen komputer yang satu ini merupakan bagian yang paling vital. Bagaimana tidak, kalau semua fungsi kerja
komputer dimulai dan sekaligus diakhiri di sini.


Sementara perangkat seperti monitor atau printer berfungsi hanya sebagai alat output/keluaran, lalu keyboard dan mouse hanya berfungsi sebagai alat input/masukan, CPU justru berfungsi memproses semua data yang hilir mudik di dalam sana.
Pentingnya Komponen CPU


Sebagai perangkat yang sangat vital, komponen CPU dibagi beberapa jenis, bagian-bagian yang termasuk komponen CPU itu antara lain:




* Unit kontrol


Fungsi dari unit kontrol adalah mengatur kerja antar komponen agar masing-masing bisa bekerja secara teratur sesuai fungsinya. Salah satu tugas unit ini antara lain memilah instruksi yang masuk dan menjalankan instruksi itu.
Selain itu, unit kontrol juga bertugas memilah data yang akan dipergunakan dalam proses kerja komputer dan mengirim data itu ke unit perhitungan. Komponen CPU yang terlibat dalam unit ini adalah processor.


* Unit penghitungan


Unit ini sering juga disebut sebagai ALU (Arithmetic And Logic Unit), sesuai namanya maka unit ini bertugas melakukan operasi penghitungan matematika. Sebab seperti yang diketahui, proses kerja komputer menggunakan bilangan yang harus dihitung.
Selain itu fungsi unit ini adalah menentukan keputusan yang berkaitan dengan logika program. Biasanya, data yang didapat dari unit kontrol tadi akan langsung masuk ke unit perhitungan. Komponen CPU yang terlibat dalam unit ini adalah processor


* Unit penyimpanan


Sesuai denga
n namanya, unit ini digunakan untuk menyimpan data selama dilakukan pemrosesan oleh unit penghitungan. Bila diibaratkan kepada manusia, unit ini merupakan otak tempat menyimpan berbagai ingatan.


Tapi bedanya, fungsi memori pada unit penyimpanan bersifat pendek dan hanya bertahan selama proses penghitungan berlangsung. Komponen CPU yang terlibat dalam unit ini adalah RAM (memory) dan processor

* Unit penghubung

Unit ini berfungsi untuk menghubungkan keseluruhan komponen CPU yang sudah dibahas sebelumnya, selain itu unit ini juga berfungsi menyambungkan CPU dengan alat-alat input (keyboard, mouse, scanner, dll) maupun output (printer, monitor, speaker, dll). Komponen CPU yang terlibat dalam unit ini adalah mainboard (motherboard).


Agar lebih mudah memahami fungsi tiap komponen CPU tersebut, akan diuraikan bagaimana sebuah komputer bekerja memproses data:
Saat pertama kali processor menerima input berupa sebuah data (contoh: Anda mengetik di Excel maka datanya akan berupa file hasil ketikan itu) atau bisa juga sebuah instruksi (contoh: tangan mengetik huruf A, maka processor menerima instruksi menampilkan huruf A) maka—bila inputnya berupa data—akan disimpan di working storage (harddisk, flashdisk, disket, dll) namun jika berupa instruksi langsung akan disimpan di unit penyimpanan.


Selanjutnya unit kontrol akan mengirim data tersebut ke unit perhitungan untuk dilakukan operasi sesuai keinginan program. Setelah dilakukan penghitungan, hasilnya akan diambil lagi oleh unit kontrol untuk disimpan di unit penyimpanan, dan selanjutnya akan langsung dikirim ke output devices (monitor, printer, dll) agar bisa dinikmati oleh pengguna komputer.


Demikianlah konsep kerja komputer yang ternyata cukup rumit. Jadi, sebenarnya hanya untuk memunculkan satu huruf di monitor saja bisa melalui proses yang sedemikian panjang, hanya kadang hal tersebut tidak disadari.

No comments: